Sejarah Penggunaan dan Perkembangan Email

Lainnya

Email, atau singkatan dari electronic mail, adalah salah satu jenis komunikasi digital yang paling populer saat ini. Dalam email, pesan atau informasi dikirimkan melalui jaringan internet, dan dapat diterima oleh penerima hampir di seluruh dunia. Namun, sebelum menjadi teknologi komunikasi yang terkenal saat ini, email telah melalui sejarah yang panjang dan menarik. Berikut ini adalah sejarah email.

  1. Awal Mula Email

Email pertama kali ditemukan pada awal tahun 1960-an. Pada saat itu, komputer masih menjadi teknologi yang sangat baru, dan sedikit sekali orang yang menggunakannya. Seorang insinyur bernama Ray Tomlinson dikreditkan sebagai orang pertama yang menciptakan email pada tahun 1971. Tomlinson mengembangkan protokol untuk mengirim email dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan ARPANET, sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan AS pada saat itu.

  1. Email Komersial

Email mulai digunakan secara komersial pada tahun 1980-an. Pada saat itu, beberapa perusahaan teknologi mulai memproduksi software email yang lebih mudah digunakan dan lebih terjangkau. Hal ini memungkinkan email untuk digunakan secara lebih luas oleh perusahaan dan organisasi. Selain itu, peningkatan akses internet yang lebih mudah pada awal 1990-an membuat email lebih mudah diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

  1. Web-Based Email

Web-based email, atau email yang dapat diakses melalui browser web, pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1990-an. Yahoo! dan Hotmail adalah dua perusahaan yang pertama kali menawarkan layanan email berbasis web. Layanan ini sangat populer pada saat itu, karena memungkinkan pengguna untuk mengakses email mereka dari mana saja, asalkan mereka memiliki akses internet.

  1. Email di Era Modern

Pada saat ini, email telah menjadi salah satu teknologi komunikasi digital yang paling penting di dunia. Hampir setiap orang memiliki alamat email, dan email digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk komunikasi bisnis, pribadi, dan bahkan pemasaran. Beberapa perusahaan besar, seperti Gmail Google dan Microsoft, juga menawarkan layanan email gratis yang sangat populer.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa teknologi baru seperti chat dan pesan instan mulai mengancam dominasi email sebagai bentuk komunikasi utama. Namun, email tetap menjadi teknologi yang sangat penting dalam dunia bisnis dan masih digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Demikianlah sejarah email, dari penciptaannya di tahun 1971 hingga menjadi salah satu teknologi komunikasi digital yang paling populer di dunia saat ini. Meskipun sudah ada teknologi baru yang bermunculan, email tetap menjadi alat yang penting bagi banyak orang di seluruh dunia.

Disclaimer !!!

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang berguna bagi pembaca. Namun, informasi yang diberikan mungkin tidak selalu akurat, lengkap, atau terkini. Penulis tidak bertanggung jawab atas konsekuensi dari penggunaan informasi yang diberikan di website ini.

Artikel Terkait

Apa Yang Dimaksud Dengan BitCoin

Bitcoin adalah salah satu bentuk mata uang digital yang paling terkenal di dunia saat ini. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama...

Seberapa Penting Koneksi HTTPS

Koneksi HTTPS adalah protokol internet yang digunakan untuk mengamankan komunikasi data antara komputer klien dan server. HTTPS digunakan secara luas di seluruh dunia untuk...

Pengertian Nama Domain

Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


Unggulan

Postingan Baru